Pendekatan, Metode, Strategi Dan Model Pembejaran: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.56854/jeqn.v2i1.150Keywords:
Metode, Strategi, Model, Pembelajaran Aktif, KombinasiAbstract
Pendidikan yang berkualitas membutuhkan perhatian pada metode, strategi, dan model pembelajaran yang terus berkembang. Berbagai konsep terkait telah diperkenalkan dan disempurnakan oleh para ahli pendidikan. Metode pembelajaran merupakan teknik yang digunakan guru dalam mengajar siswa, termasuk inquiry learning, expository learning, ceramah, diskusi, demonstrasi, studi kasus, dan bermain peran. Strategi pembelajaran adalah rencana kegiatan untuk mencapai tujuan pembelajaran, seperti diferensiasi pembelajaran dan penilaian formatif. Sementara strategi pembelajaran yang dilakukan oleh siswa mencakup strategi kognitif, metakognitif, dan afektif. Model pembelajaran mencakup berbagai pendekatan seperti Model 4-C, Inquiry Learning, Expository Learning, bermain peran, studi kasus, demonstrasi, diskusi, dan ceramah. Ada juga Model 4-P yang terdiri dari tahapan berlatih, siap, melakukan, dan merefleksi. Penggunaan metode, strategi, dan model pembelajaran harus mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan siswa serta adaptasi terhadap lingkungan belajar mereka. Kombinasi yang efektif dari elemen-elemen ini dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung, memotivasi, dan memperkaya pengalaman siswa. Pendekatan holistik yang memperhitungkan gaya belajar, pemahaman, dan tantangan individu dapat memperkaya pengalaman belajar siswa. Kombinasi bijaksana dari metode, strategi, dan media pembelajaran menjadi kunci dalam mencapai tujuan pembelajaran efektif. Persiapan siswa untuk abad ke-21 memerlukan pendekatan yang inklusif untuk menghasilkan keterampilan yang relevan. Keseluruhan, pengembangan pendekatan yang fleksibel dan holistik dalam pengajaran dapat memperkaya dan mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk masa depan.