Peran Literasi Mahasiswa Dalam Mengoptimalkan Peluang Bisnis Gratis di Universitas PGRI Wiranegara

Authors

  • Putri Wahyuningtyas Magister Pendidikan Ekonomi, Universitas PGRI Wiranegara, Pasuruan
  • Nunuk Indarti Magister Pendidikan Ekonomi, Universitas PGRI Wiranegara, Pasuruan
  • Etta Mamang Magister Pendidikan Ekonomi, Universitas PGRI Wiranegara, Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.56854/jeqn.v2i1.151

Abstract

− Penelitian ini mendalami peran literasi bisnis mahasiswa dalam mengoptimalkan peluang bisnis gratis di Universitas PGRI Wiranegara. Dengan menggunakan pendekatan holistik melalui survei, wawancara, dan observasi, penelitian ini mengidentifikasi tingkat literasi bisnis, peluang bisnis, serta strategi pengoptimalkan peluang mahasiswa. Hasil survei menunjukkan bahwa sekitar 65% responden memiliki literasi bisnis tinggi, mencerminkan pemahaman yang solid terhadap konsep bisnis dan kewirausahaan. Temuan penting adalah potensi kolaborasi antar-mahasiswa, pemanfaatan ruang kosong di kampus, dan keterlibatan dalam program kewirausahaan universitas sebagai peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan mahasiswa. Meskipun demikian, sebagian mahasiswa belum sepenuhnya memanfaatkan peluang tersebut. Analisis strategi mahasiswa sukses menyoroti peran jejaring dan mentorship. Literasi bisnis yang tinggi terkait erat dengan keberhasilan mahasiswa dalam mengoptimalkan peluang bisnis. Rekomendasi mencakup pengembangan kurikulum yang responsif, penguatan program pembinaan, dan peran aktif universitas dalam menciptakan ekosistem kewirausahaan. Kesimpulan menggarisbawahi bahwa literasi bisnis mahasiswa menjadi kunci utama dalam mengelola bisnis dan merangsang inovasi di lingkungan kampus. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman holistik tentang literasi bisnis mahasiswa dan menyajikan landasan untuk pengembangan program pendidikan yang lebih terintegrasi dan responsif.

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles