Pengaruh Pendekatan Problem-Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Authors

  • Muhammad Fahrozi Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Royal, Kisaran

DOI:

https://doi.org/10.56854/jipm.v1i2.294

Keywords:

PBL, Metode, Pengaruh, Siswa, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh pendekatan Problem-Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. PBL merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah nyata sebagai sarana untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Dalam penelitian ini, desain eksperimen digunakan dengan melibatkan dua kelompok siswa: kelompok eksperimen yang diterapkan dengan pendekatan PBL dan kelompok kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pemahaman konsep matematika sebelum dan setelah penerapan metode pembelajaran, serta observasi aktivitas belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PBL secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dibandingkan dengan kelompok yang menggunakan pendekatan konvensional. Siswa yang terlibat dalam PBL menunjukkan peningkatan yang lebih baik dalam hal penguasaan konsep, kemampuan problem solving, dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Temuan ini menyarankan bahwa PBL dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dan memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran matematika di sekolah

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles