Studi Tentang Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Matematika Siswa di Kelas

Authors

  • Wisnani Risa Rezkika Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Royal, Kisaran

DOI:

https://doi.org/10.56854/jipm.v1i2.295

Keywords:

Peran Guru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan sebagian siswa dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tepat waktu, termasuk pekerjaan rumah yang harus diselesaikan di sekolah, akibat kesulitan memahami materi di rumah. Hal ini menunjukkan kurangnya pemahaman siswa terhadap isi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesulitan belajar matematika siswa SD Muhammadiyah 1 Kisaran dan peran guru dalam mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan catatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesulitan yang dihadapi siswa antara lain kesulitan memahami materi yang disampaikan guru, kesulitan memahami konsep dan simbol matematika, dan kesulitan dalam perhitungan. Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar antara lain memastikan siswa siap belajar, menggunakan alat bantu belajar, dan memberikan kebebasan kepada siswa untuk menyelesaikan soal sesuai kemampuannya, melakukan penilaian secara berkala, dan memberikan nasihat perbaikan kepada siswa yang memerlukan. Kesimpulannya, peran guru sangat penting dalam membantu siswa mengatasi kesulitan belajar matematika melalui metode individual, mengidentifikasi penyebab kesulitan serta memastikan penilaian dan remediasi siswa yang belum mencapai KKM..

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles