Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif Dalam Pembelajaran Matematikan Di Sekolah Dasar

Authors

  • Winda Pramudita Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Royal, Kisaran

DOI:

https://doi.org/10.56854/jipm.v1i2.297

Keywords:

Media Manipulatif, Pembelajaran Matematika, Sekolah Dasar, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenal Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif Dalam Pembelajaran Matematikan Di Sekolah Dasar. Penelitian ini melihat seberapa besar pengaruh penggunaan media manipulatif pada proses pembelajaran siswa disekolah terhadap matematika. Media manipulatif adalah alat untuk membantu proses belajar mengajar yang dirancang untuk membuat konsep matematika lebih mudah dipahami melalui pengalaman konkret. Dalam konteks pendidikan dasar, media ini memainkan peran penting karena memungkinkan siswa untuk menghubungkan teori dengan praktik nyata. Metode penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu, di mana siswa dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media manipulatif dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui tes hasil belajar matematika dan observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media manipulatif secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, terutama pada topik-topik yang bersifat abstrak. Siswa yang belajar dengan media manipulatif menunjukkan peningkatan kemampuan problem-solving dan keterlibatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian, penggunaan media manipulatif terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar. Temuan ini memberikan implikasi positif bagi guru dan institusi pendidikan dalam upaya meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles