Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan di Sekolah Dasar

Authors

  • Venty Venty Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Royal, Kisaran

DOI:

https://doi.org/10.56854/jipm.v1i2.298

Keywords:

Media Visual, Pembelajaran Pecahan, Literature Review, Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan media visual dalam meningkatkan pemahaman konsep pecahan di sekolah dasar melalui pendekatan kualitatif dengan metode literature review. Penelitian ini mengkaji berbagai studi yang relevan mengenai efektivitas media visual dalam pembelajaran matematika, khususnya pada topik pecahan. Hasil kajian menunjukkan bahwa media visual, baik dalam bentuk fisik seperti balok pecahan maupun digital seperti aplikasi interaktif, terbukti efektif dalam membantu siswa memahami konsep pecahan yang abstrak. Media visual tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tetapi juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan mereka dalam proses belajar. Namun, beberapa penelitian juga menunjukkan tantangan dalam implementasi, terutama terkait keterbatasan fasilitas dan keterampilan guru. Berdasarkan hasil kajian ini, direkomendasikan agar sekolah dan pendidik lebih banyak menggunakan media visual dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles