Analisis Pengaruh Literasi Matematika Terhadap Pemahaman Konsep Di Tingkat Sekolah Menengah

Authors

  • Putri Widya Sari Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Royal, Kisaran

DOI:

https://doi.org/10.56854/jipm.v2i2.338

Keywords:

Literasi Matematika, Pemahaman Konsep, Sekolah Menengah, Pendidikan Matematika

Abstract

Literasi matematika adalah kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep-konsep matematika dalam konteks kehidupan sehari-hari, yang menjadi dasar penting bagi pengembangan keterampilan berpikir kritis dan analitis siswa. Kemampuan literasi siswa mencakup tidak hanya keterampilan dalam berhitung, tetapi juga kemampuan berpikir logis dan kritis dalam memecahkan masalah. Di tingkat sekolah menengah, literasi matematika berperan penting dalam memperkuat fondasi pemahaman konsep yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah yang kompleks. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen yang terdiri dari tes literasi dan tes pemahaman konsep yang diberikan kepada siswa sekolah menengah. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara tingkat literasi matematika dengan pemahaman konsep matematika, di mana siswa dengan tingkat literasi matematika yang tinggi cenderung memiliki pemahaman konsep yang lebih baik. Siswa yang memiliki literasi matematika yang tinggi menunjukkan pemahaman konsep yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki literasi matematika yang rendah. Hal ini mengindikasikan pentingnya penguatan literasi matematika dalam kurikulum pendidikan guna mendukung pemahaman konsep matematika yang lebih mendalam di kalangan siswa sekolah menengah. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan literasi matematika di kalangan siswa agar hasil belajar matematika mereka bisa lebih baik.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles