Peran Teknologi Dalam Evaluasi Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.56854/jipm.v2i2.340Keywords:
Evaluasi Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Kecerdasan Buatan, Digitalisasi Evaluasi, MatematikaAbstract
Komponen penting dari pendidikan adalah penilaian pembelajaran matematika, yang bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa, mengidentifikasi area kesulitan belajar, dan meningkatkan efektivitas metode pengajaran. Seiring dengan kemajuan teknologi, teknik tradisional dalam mengevaluasi pembelajaran matematika telah digantikan oleh pendekatan berbasis digital. Peran teknologi dalam menilai pembelajaran matematika, serta keuntungannya dan masalah implementasinya, dibahas dalam makalah ini. Ujian digital, umpan balik waktu nyata, dan penyesuaian kesulitan pertanyaan yang adaptif berdasarkan kemampuan siswa semuanya telah dimungkinkan oleh teknologi seperti sistem manajemen pembelajaran (LMS), kecerdasan buatan (AI), dan analitik data. Peningkatan akurasi penilaian, efisiensi waktu, fleksibilitas, dan motivasi siswa adalah keuntungan utama dari evaluasi berbasis teknologi. Tetapi masih ada masalah yang harus diselesaikan, seperti kesenjangan dalam akses teknologi, kesiapan guru, dan keamanan ujian online. Oleh karena itu, untuk menjamin adopsi penilaian berbasis teknologi yang inklusif dan sukses guna meningkatkan kualitas pendidikan matematika, diperlukan kerja sama antara pemerintah, institusi akademik, dan pengembang teknologi.