Analisis Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.56854/jipm.v2i2.341Keywords:
Kecemasan Matematika, Prestasi Belajar, Pendidikan Matematika, Siswa SMPAbstract
Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang menantang dan bahkan menakutkan bagi sebagian besar siswa. Fenomena ini dikenal dengan istilah kecemasan matematika, yang dapat berdampak negatif terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecemasan matematika terhadap prestasi akademik siswa di tingkat SMP. Melalui pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif, data dikumpulkan menggunakan metode survei dan wawancara yang melibatkan siswa, guru matematika, serta orang tua dari siswa di sebuah sekolah menengah pertama. Temuan penelitian menunjukkan adanya korelasi negatif antara tingkat kecemasan matematika dengan prestasi belajar siswa; semakin tinggi tingkat kecemasan, semakin rendah prestasi yang dicapai siswa dalam ujian dan tugas matematika. Penelitian ini juga menemukan bahwa kecemasan matematika sebagian besar dipicu oleh kurangnya pemahaman terhadap konsep dasar matematika, tekanan dari harapan tinggi orang tua, serta metode pengajaran yang kurang interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan untuk menggunakan pendekatan pengajaran yang lebih inklusif dan mendukung, serta peran aktif orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif untuk membantu siswa mengatasi kecemasan matematika. Dengan mengurangi kecemasan, diharapkan siswa dapat meningkatkan prestasi belajar mereka dan lebih percaya diri dalam menghadapi matematika.