Penerapan Model Pembelajaran ADDIE dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • Lailatul Fitriyah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Siti Aisyah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Mutiara Nurhaliezya Putri Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Erulim Sihombing Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Rangga Gumelar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56854/jipm.v3i1.344

Keywords:

Model Pembelajaran ADDIE, Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini berupa kajian pustaka yang bertujuan untuk menelaah penerapan Model Pembelajaran ADDIE dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar (SD). Fokus kajian ini diarahkan pada penelusuran dan analisis terhadap berbagai hasil studi, artikel ilmiah, dan literatur relevan guna mengungkap berbagai pendekatan, strategi, serta luaran yang berkaitan dengan implementasi model tersebut dalam konteks pendidikan matematika. Dalam pelaksanaannya, peneliti mengkaji sejumlah referensi akademik seperti jurnal, buku, dan publikasi ilmiah yang berhubungan dengan topik. Informasi yang diperoleh meliputi contoh praktik yang berhasil, metode penilaian, serta temuan yang menunjukkan efektivitas Model ADDIE dalam membantu siswa memahami konsep matematika dan meningkatkan capaian belajar mereka. Hasil dari telaah ini memberikan gambaran yang komprehensif mengenai sejauh mana model ini telah digunakan di lingkungan pendidikan dasar. Selain itu, kajian ini juga memberikan kontribusi praktis berupa rekomendasi bagi guru maupun pengambil kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif. Dengan demikian, studi ini diharapkan dapat menjadi dasar teoritis yang kokoh serta memberikan wawasan mengenai keberhasilan dan tantangan dalam mengimplementasikan Model ADDIE dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles