https://bangunharapanbangsa.id/ejurnal/index.php/JIPM/issue/feed Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (jipm) 2025-06-30T06:37:49+07:00 Suria Alamsyah Putra, SE., MM suryaalamsyah85@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (jipm) untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen yang sudah dipilih pada bidang Matematika. Artikel ilmiah yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah dipublikasi ditempat lain. Artikel ilmiah dalam setiap penerbitan merupakan tanggungjawab penulis. </p> <p>Adapun ruang lingkup dari jurnal ini adalah:</p> <ol> <li>Model Pembelajaran Matematika,</li> <li>Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika,</li> <li>Kurikulum dalam Pengajaran Matematika,</li> <li>Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pengajaran Matematika,</li> <li>Pengembangan Profesional Guru Matematika</li> </ol> <p> </p> https://bangunharapanbangsa.id/ejurnal/index.php/JIPM/article/view/342 Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika 2025-06-25T16:18:01+07:00 Hafshoh Hafshoh asoohhafshoh@gmail.com Refka Maulana refkarebdul@gmail.com Zakiah Aliffiani zakiahaliffiani@gmail.com Muhammad Fahri Al Gofari fahrie.31@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial WhatsApp terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X di SMK Negeri 38 Jakarta. Metode yang digunakan adalah pendeka-tan kuantitatif dengan teknik survei, yang melibatkan 30 siswa sebagai responden. Instrumen penelitian terdiri dari angket untuk mengukur intensitas penggunaan media sosial dan tes untuk mengevaluasi kemampuan pemecahan masalah pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Hasil analisis regresi linear menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,4705 dan nilai R Square sebesar 0,2214. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial WhatsApp memberikan kontribusi sebesar 22,14% terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dengan demikian, penggunaan media sosial dapat dimanfaat-kan secara positif sebagai sarana pendukung pembelajaran matematika, khususnya dalam aspek kolaborasi dan diskusi antar siswa</p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (jipm) https://bangunharapanbangsa.id/ejurnal/index.php/JIPM/article/view/344 Penerapan Model Pembelajaran ADDIE dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar 2025-06-25T16:23:50+07:00 Lailatul Fitriyah erulims@gmail.com Siti Aisyah aisyahr61@gmail.com Mutiara Nurhaliezya Putri mutiaranurhaliezyaputri@gmail.com Erulim Sihombing erulim76@gmail.com Rangga Gumelar ranggagumelar4@gmail.com <p>Penelitian ini berupa kajian pustaka yang bertujuan untuk menelaah penerapan Model Pembelajaran ADDIE dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar (SD). Fokus kajian ini diarahkan pada penelusuran dan analisis terhadap berbagai hasil studi, artikel ilmiah, dan literatur relevan guna mengungkap berbagai pendekatan, strategi, serta luaran yang berkaitan dengan implementasi model tersebut dalam konteks pendidikan matematika. Dalam pelaksanaannya, peneliti mengkaji sejumlah referensi akademik seperti jurnal, buku, dan publikasi ilmiah yang berhubungan dengan topik. Informasi yang diperoleh meliputi contoh praktik yang berhasil, metode penilaian, serta temuan yang menunjukkan efektivitas Model ADDIE dalam membantu siswa memahami konsep matematika dan meningkatkan capaian belajar mereka. Hasil dari telaah ini memberikan gambaran yang komprehensif mengenai sejauh mana model ini telah digunakan di lingkungan pendidikan dasar. Selain itu, kajian ini juga memberikan kontribusi praktis berupa rekomendasi bagi guru maupun pengambil kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif. Dengan demikian, studi ini diharapkan dapat menjadi dasar teoritis yang kokoh serta memberikan wawasan mengenai keberhasilan dan tantangan dalam mengimplementasikan Model ADDIE dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar</p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (jipm) https://bangunharapanbangsa.id/ejurnal/index.php/JIPM/article/view/345 Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 10 Di SMKN 38 Jakarta 2025-06-25T16:28:46+07:00 Erulim Sihombing erulims2@gmail.com Indra Martha Rusmana indramartharusmana@ymail.com Novi Marliani marliani466@gmail.com <p>Siswa dikatakan berhasil dalam belajar apabila siswa tersebut mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pendidikan hasil belajar berkaitan dengan perubahan-perubahan pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Orang tua juga sangat berperan penting dalam pendidikan anak, oleh karena itu perhatian orang tua dapat membantu orang tua mendidik anak-anaknya untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dalam aspek fisik, emosional, sosial, keuangan, dan intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perhatiaan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 10 di SMKN 38 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasi. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 orang siswa kelas kelas 10 di SMKN 38 Jakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket, dokumentasi, daftar nilai PTS. Hasil analisis data penelitian uji hipotesis dijelaskan bahwa persamaan regresi linier sederhana membentuk pola Y = 35,55 + 0,5675 X dapat diartikan nilai koefisien regresi (b) sebesar 0,75 menunjukan setiap kenaikan nilai keterlibatan orang tua dalam belajar matematika anak, maka akan meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 0,75. Oleh karena itu dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 10 SMKN 38 Jakarta. Dengan demikian, Ha diterima dan dan Ho ditolak</p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (jipm) https://bangunharapanbangsa.id/ejurnal/index.php/JIPM/article/view/346 Penerapan Metode Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika SMP 2025-06-25T16:32:38+07:00 Siti Nurhalimah lim310702@gmail.com Roza Santika Oktiana rozasantikao12@gmail.com Nining Sumarni niningsumarni345@gmail.com Latifah Indah Mutiara Sani latifahrohis123@gmail.com M Arrasyid Maula arasyidmaula21@gmail.com <p>Pembelajaran matematika sering dianggap sulit dan membosankan karena disampaikan secara abstrak dan kurang kontekstual. Statistika merupakan salah satu materi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, namun hasil belajar siswa masih belum mencapai KKM akibat metode pembelajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode outdoor learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPS Muthmainnatul Qulub. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Sampel sebanyak 24 siswa dipilih melalui teknik nonprobability sampling. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah penerapan outdoor learning, sehingga metode ini efektif dalam membantu pemahaman materi statistika.</p> <p> </p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (jipm) https://bangunharapanbangsa.id/ejurnal/index.php/JIPM/article/view/348 Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Baris dan Deret Aritmatika Kelas X SMA Al–Fikri Depok Tahun 2025 2025-06-26T20:43:28+07:00 Rally Fio A rallyfio73@gmail.com Indra Martha Rusmana indramartharusmana@gmail.com Sri Mayanty mayantysri@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi baris dan deret aritmatika di Kelas X SMA Al-Fikri Depok tahun 2025. Metode penelitian menggunakan studi kasus deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan 24 siswa dan guru matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 29% siswa memiliki pemahaman konsep tinggi, 33% sedang, dan 38% rendah. Siswa dengan pemahaman tinggi mampu menerapkan konsep secara tepat, sedangkan siswa dengan pemahaman sedang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal kompleks. Siswa dengan pemahaman rendah mengalami kesulitan dalam memahami dan menerapkan konsep, terutama pada soal-soal yang membutuhkan analisis mendalam. Simpulan penelitian menekankan perlunya strategi pembelajaran kontekstual dan berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.</p> <p> </p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (jipm)