Pemanfaatan Media Flashcard Untuk Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.56854/jphb.v1i3.110Keywords:
Media Pembelajaran, Flashcard, Kosakata, Bahasa Inggris Dasar, Motivasi BelajarAbstract
Melihat masih terbatasnya fasilitas pembelajaran Bahasa Inggris di sektor formal dan mahalnya pembelajaran di sektor informal (English Course) membuat banyak kalangan masyarakat yang minim pemahaman Bahasa Inggris khususnya anak yatim dan dhuafa, sangat membutuhkan pembelajaran Bahasa Inggris diluar sekolah. Maka, dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini kami memiliki satu solusi untuk memberikan pembelajaran Bahasa Inggris melalui media flashcards. Pembelajaran ini mencakup pemahaman kosa kata Bahasa Inggris dasar. Peserta dalam kegiatan ini sebelumnya sudah mengetahui beberapa kosakata dalam Bahasa Inggris. Hal ini terlihat saat pemateri memberikan pertanyaan, sebagian peserta mampu menjawab dengan tepat, sementara sebagian besar peserta lainnya tidak menjawab karena belum mengetahui kosa kata tersebut. Ketika pemateri menggunakan alat peraga berupa flashcard, peserta lebih antusias untuk mengikuti kegiatan karena dilengkapi dengan gambar dan nama objek dalam bahasa Indonesia dan Inggris dan cara membacanya. Dari hasil nilai peserta pada pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan nilai kosakata dari peserta. Hasil ini memperlihatkan bahwa melalui kegiatan pembelajaran dengan media flashcards, terdapat peningkatan pemahaman kosakata Bahasa Inggris pada peserta kegiatan. Maka didapatkan beberapa kesimpulan bahwa untuk meningkatkan kosakata Bahasa Inggris di kalangan anak-anak dapat menggunakan teaching aids seperti media flashcard. Dengan metode ini, anak-anak lebih antusias dalam mempelajari Bahasa Inggris dengan pendekatan yang lebih menyenangkan untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar mereka.
References
Bay, R., Purwanty, R. and Kalalo, C. (2019) ‘Application of Discussion Methods to Improve
Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris pada sekolah dasar: Mengapa perlu dan mengapa dipersoalkan. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(1), 23-28.
Nisa, I. F. (2020). Kebijakan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SD di Indonesia. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1).
Rizkariani. S 2021. Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Flash Card Pada TPA Masjid Baitul Maqdis. Makassar: Universitas Muslim Indonesia
Suarya, D. K. (2021) ‘Implementasi Metode Ceramah Interaktif Dan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Sd Negeri 3 Batununggul’, Jurnal Pendidikan, 08(1), pp. 36–47.
Poerwati, E& Amri S (2010). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Prestasi Pustakarya. 2010.
Nur Diana Fajriyah dan Dessy Harisanty, S.Sos. MA. Bagaimana Pemanfaatan Flashcard dalam Pengembangan Literasi Informasi Anak? UNAIR NEWS. 2021;
Suarya DK. Implementasi Metode Ceramah Interaktif Dan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Sd Negeri 3 Batununggul. J Pendidik. 2021;08(1):36–47.
Tamrin, A. F. and Yanti, Y. (2019) ‘Peningkatan keterampilan Bahasa Inggris masyarakat pegunungan di Desa Betao Kabupaten Sidrap’, Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), pp. 61–72. doi: 10.20414/transformasi.v15i2.1673.