Sosialisasi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kelurahan Mijen Semarang

Authors

  • Nurchayati Nurchayati Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Parju Parju Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Suroto Suroto Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Muchayatin Muchayatin Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Camilus Isidorus Ikut Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • RR Suprantiningrum Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Amsar Amsar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Caecilia Sri Haryanti Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Joko Riyanto Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Setyobudi Setyobudi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56854/jphb.v1i3.111

Keywords:

Pengelolaan keuangan, platform digital, produk, UMKM, wirausaha

Abstract

UMKM di Kelurahan Mijen, Semarang sebagian besar belum memiliki catatan keuangan yang teratur, belum memahami penggunaan media sosial dan digital yang benar dan santun, masih kurang dalam pemanfaatan platform digital dalam memasarkan produknya dan kurangnya penguatan karakteristik dalam diri pengusaha UMKM. Sehingga diperlukan suatu solusi dalam penyelesaian dalam permasalahan ini. Kegiatan pengabdiam masyarakat ini bertujuan dengan mengadakan kegiatan sosialisasi maka diharapkan pengusaha UMKM ini dapat menerapkan akuntansi sederhana dalam pengelolaan keuangan, beretika dalam penggunaan media sosial dan digital, membuka wawasan untuk memasarkan usahanya melalui online dan melakukan penguatan diri sebagai wirausaha sehingga UMKM tumbuh dan berkembang. Dan manfaat PKM ini usaha yang dijalani oleh pengusaha UMKM mengenai pencatatan transaksi ekonomi yang baik, dalam menggunakan media sosial dan digital yang santun, orientasi pasar berbasis digital dan penguatan karakteristik wirausaha. Hasil dari PKM ini bahwa meningkatnya pengetahuan, pemahaman dan keterampilan bagi pengusaha UMKM tentang platform pemasaran, tentang pentingnya penguatan karakteristik wirausaha.

References

Chaerani, D. et al. (2020) ‘Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada masa pandemi Covid-19 menggunakan analisis media sosial dalam Upaya peningkatan pendapatan’, Dharmakarya, 9(4), p. 275. Available at: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i4.30941.

Hardilawati (2020) ‘Strategi bertahan UMKM di tengah pandemi Covid-19’, Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 10(1), pp. 89–98. Available at: https://doi.org/10.47431/governabilitas.v2i2.117.

Hendrawan (2000) ‘Masalah - Masalah Yang Dihadapi Usaha Kecil’.

Pakpahan, A.K. (2020) ‘Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah’, Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 20(April), pp. 59–64.

Suprani, Y. (2017) ‘Pengaruh kreativitas, modal, dan kesetaraan gender terhadap kinerja pengusaha wanita UKM di Palembang’, Motivasi, pp. 230–240.

Downloads

Published

2023-12-12

Issue

Section

Articles