Meningkatkan Ketrampilan Digital Melalui Pelatihan Pembuatan Website Statis di SMA Muhammadiyah 14 Jakarta

Authors

  • Bernadus Gunawan Sudarsono Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bung Karno, Jakarta
  • Alexius Ulan Bani Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Sistem Komputer, Universitas Bung Karno
  • Sharyanto Sharyanto Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Bung Karno
  • Joko Saputro Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Bung Karno
  • Dwi Lestari Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Bung Karno

DOI:

https://doi.org/10.56854/jphb.v3i1.276

Keywords:

Keterampilan Digital, Website Statis, Pelatihan TIK, SMA Muhammadiyah 14 Jakarta, Pendidikan Berbasis Teknologi

Abstract

Dalam era digital, keterampilan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi kompetensi mendasar yang harus dimiliki oleh generasi muda. Pembuatan website statis merupakan salah satu bentuk keterampilan digital dasar yang relevan dan strategis untuk diajarkan di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital siswa SMA Muhammadiyah 14 Jakarta melalui pelatihan pembuatan website statis. Pelatihan ini mencakup pengenalan dasar HTML dan CSS, desain struktur informasi, serta pemanfaatan perangkat lunak pendukung. Proses pelatihan dirancang untuk melatih kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan kolaboratif siswa. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa siswa tidak hanya memahami konsep dasar pengembangan website, tetapi juga mampu menghasilkan karya digital yang sederhana namun fungsional. Selain itu, kegiatan ini memperluas wawasan siswa tentang potensi karier di bidang teknologi informasi dan meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja maupun pendidikan lanjut. Keberhasilan pelatihan dipengaruhi oleh ketersediaan perangkat, pendampingan guru yang kompeten, dan dukungan dari mitra eksternal. Program ini juga memberikan manfaat bagi sekolah, seperti penguatan citra sebagai institusi pendidikan berbasis teknologi dan peningkatan kompetensi guru. Melalui pelatihan ini, diharapkan siswa SMA Muhammadiyah 14 Jakarta mampu menjadi individu yang adaptif, inovatif, dan siap berkontribusi di era digital.

References

P. Guru et al., “J . A . I : Jurnal Abdimas Indonesia,” pp. 1684–1694, 2024.

Z. Janariandana et al., “Pelatihan Pembuatan Web Design Menggunakan HTML Dan CSS Di SMK Letris Indonesia 2,” vol. 1, no. 12, pp. 1608–1612, 2023.

T. Widiastuti, D. Suhada, F. M. Umasangadji, and N. Christian, “Rancang Bangun Website Profil Sebagai Sarana Penyebaran Informasi dan Promosi di SMA Negeri 9 Kupang,” vol. 7, pp. 21–30, 2024.

H. Muttaqin, “Journal of public policy and administration research,” vol. 02, 2024.

N. A. Faizah, A. D. Salsabila, N. Asyifa, and H. Kusumaningrum, “BRANDING SEKOLAH : PENDEKATAN MANAJEMEN,” vol. 4, no. 6, pp. 827–842, 2024.

J. P. Masyarakat, Y. Anita, A. K. Kenedi, Z. Azizah, and R. Khairani, “Pelatihan pengembangan proyek penguatan profil pelajar pancasila berbasis teknologi untuk guru sekolah dasar,” vol. 6, no. 2, pp. 367–380, 2023.

J. Hutahaean, N. Mulyani, A. Dermawan, J. Efendi, and P. Studi, “Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Mitra Kreasi Cendekia Pelatihan Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Mitra Kreasi Cendekia,” vol. 2, no. 2, pp. 122–130, 2024.

S. D. Negeri and P. Cengkring, “Pelatihan aplikasi powerpoint bagi guru dan staf sd negeri 010240 pematang cengkring,” vol. 3, no. 2, pp. 147–154, 2020.

D. Fauziyyah, “PEMBUATAN WEBSITE COMPANY PROFILE PADA KONOBA COFFEE MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS,” vol. 2, no. 3, pp. 80–98, 2023.

S. Palopo, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Media,” vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2024.

E. Susanti, D. Sulistyaningsih, Y. S. Makiyah, and I. M. Ridwan, “Efektivitas Pelatihan Pembuatan E-LKPD Menggunakan Wizer . me , OLabs dan Proprofs Quiz Maker untuk Guru di SMAS Ittihadul Ummat,” vol. 01, no. 02, pp. 17–28, 2024, doi: 10.70282/karismas.v1i2.8.

A. Info, “Pendampingan Promosi Digital SMA Muhammadiyah Piyungan untuk Meningkatkan Jumlah Pendaftar di Masa Pandemi COVID-19,” vol. 24, no. 2, pp. 217–229, 2021.

V. Penggunaan, M. Pada, and P. Sains, go digital.

P. Pendidikan, I. Integrasi, K. Pendidik, S. H. Parawansah, and A. R. Sofa, “Pendekatan Komprehensif Berbasis Al-Qur ’ an dan Hadits dalam akademik , tetapi juga yang memiliki karakter dan akhlak mulia ( Achmad , 2024 ). Dalam rangka,” no. 1, 2025.

P. L. Ananda, N. I. Wardhani, and E. Nurhayati, “Kohesi : Jurnal Multidisiplin Saintek Volume 5 No 9 Tahun 2024 PEMANFAATAN BAHASA PEMOGRAMAN WEB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TEKNOLOGI INFORMASI : STUDI KASUS PENGGUNAAN VISUAL STUDIO CODE DI PROGRAM STUDI INFORMATIKA UPN VETERAN JAWA TIMUR Universitas Pembangunan Nasional ‘ Veteran ’ Jawa Timur Kohesi : Jurnal Multidisiplin Saintek Volume 5 No 9 Tahun 2024,” vol. 5, no. 9, pp. 1–11, 2024.

R. Efendi, A. Yanti, and R. Agustin, “Pendampingan dan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality bagi Guru Sekolah Luar Biasa Kabupaten Dharmasraya Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru,” vol. 4, no. 5, pp. 367–378, 2024.

A. Di and M. Suksa, “Langkah-langkah Partisipasi Guru Dalam Pendekatan Pembelajaran,” vol. 3, pp. 8581–8598, 2024.

Downloads

Published

2025-01-25

Issue

Section

Articles