Peningkatan Literasi Digital Pemuda Karang Taruna Desa Boneoge Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah
DOI:
https://doi.org/10.56854/jphb.v3i1.279Keywords:
Graphic Design, Information, Digital Literacy, PKM, SocietyAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini berfokus memberikan bimbingan dan instruksi kepada organisasi pemuda setempat untuk meningkatkan literasi digital mereka khusunya pemuda di desa Boneoge melalui kegiatan PKM. Ini dilakukan karena kurangnya kemampuan mereka. Selain itu, HOAX sangat populer di kalangan remaja, mempermudah untuk mempercayai informasi palsu yang dapat meresahkan masyarakat. PKM ini bertujuan untuk mencapai berbagai tujuan, termasuk, untuk meningkatkan kemampuan literasi digital melalui pelatihan desain grafis dan instalasi sistem operasi, dosen dan mahasiswa diberi kesempatan dan pengalaman kerja, dan kerja sama dengan berbagai pihak terkait, terutama masyarakat desa khususnya para pemuda. Untuk memperkenalkan STMIK Bina Mulia Palu kepada masyarakat. Pelatihan dan ceramah singkat merupakan metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini. Diskusi dan ceramah digunakan untuk menyampaikan materi dimana kedua metode dilakukan secara bersamaan. Secara keseluruhan, hasil dari latihan PKM ini positif dan memuaskan. Ada beberapa hal yang tercapai secara efektif pada saat kegiatan ini dilaksanakan, antara lain: 1) tercapainya tujuan kegiatan yaitu meningkatkan pemahaman tentang literasi digital; dan 2) mencapai target material yang telah ditentukan.
References
Ahmad Rohman1, Masduki Asbari2, D. R. (2024). Literasi Digital: Revitalisasi Inovasi Teknologi. Information Systems and Management, 3(1), 1–4. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/742/128
Annisa, W. N., Agustina, C. W., & Puspitasari, Wahyuningtyas, D. (2021). Peran Literasi Digital untuk Mencegah Penyebaran Hoaks bagi Masyarakat Indonesia. Journal of Education and Technology, 1(2), 113–118. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/68%0Ahttp://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/download/68/61
Dianti, Y. (2017). Menurut Ahli. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (pp. 5–24). http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Kinerja Kewirausahaan: Literasi Ekonomi, Literasi Digital dan Peran Mediasi Inovasi. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5), 745–762. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1288
Firmansyah, D., Saepuloh, D., & Dede. (2022). Daya Saing : Literasi Digital dan Transformasi Digital. Journal of Finance and Business Digital, 1(3), 237–250. https://doi.org/10.55927/jfbd.v1i3.1348
Haerana, H., & Riskasari, R. (2022). Literasi Digital dalam Pelayanan Publik. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 131–137. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i2.4052
Kurniawan, I. (2009). Desain Dan Perubahan Budaya Masyarakat. Visualita, 1(1), 30. https://doi.org/10.33375/vslt.v1i1.1090
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Nugraha, D. (2022). Literasi Digital dan Pembelajaran Sastra Berpaut Literasi Digital di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9230–9244. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3318
Nurmalina, N., Rahila, C. D. I., Surbakti, A. H., Wahyuningsih, S. K., & Batubara, M. H. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. JPMA - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 2(2), 48–53. https://doi.org/10.37249/jpma.v2i2.532
Nurrita. (2021). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84.
Oktaviyani, E. D., Lestari, A., & Licantik, L. (2021). Membangun Literasi Digital Bagi Warga Desa Hurung, Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 49–59. https://doi.org/10.47747/jnpm.v2i2.386
Pitrianti, S., Sampetoding, E. A. M., Purba, A. A., & Pongtambing, Y. S. (2023). Literasi Digital Pada Masyarakat Desa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 43–49. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.655
Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603
Ummah, M. S. (2019). Peraturan menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2019. In Sustainability (Switzerland).