Sosialisasi Teknologi Pembelajaran Al-Qur'an Berbasis Gamifikasi, AR, dan VR di SMA ABBS Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.56854/jphb.v3i1.280Keywords:
Pembelajaran Al-Qur'an, Inovasi Teknologi Pendidikan, Gamifikasi, Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR)Abstract
Sosialisasi Gamifikasi, Augmented Reality (AR), dan Virtual Reality (VR) dalam pembelajaran Al-Qur'an bertujuan untuk meningkatkan efektivitas proses belajar di SMA ABBS Surakarta. Permasalahan yang dihadapi di lapangan adalah rendahnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran Al-Qur'an, minimnya pemahaman guru terhadap teknologi ini, serta keterbatasan infrastruktur di beberapa lembaga pendidikan Islam. Metode pelaksanaan kegiatan mencakup persiapan materi sosialisasi, pengembangan modul pelatihan, demonstrasi teknologi, serta pelatihan langsung kepada guru dan siswa. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tahapan pemaparan konsep, demonstrasi aplikasi, pelatihan interaktif, serta evaluasi umpan balik dari peserta. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta memiliki antusiasme tinggi terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran Al-Qur'an. Gamifikasi terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi siswa, AR membantu dalam visualisasi huruf hijaiyah dan tajwid, sementara VR memberikan pengalaman mendalam dalam memahami kisah-kisah Al-Qur'an. Namun, beberapa kendala yang dihadapi mencakup keterbatasan perangkat teknologi serta kurangnya pelatihan bagi pendidik. Manfaat dari kegiatan ini bagi mitra meliputi peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur'an, peningkatan kompetensi guru dalam menggunakan teknologi, serta potensi peningkatan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Dengan dukungan yang tepat dari lembaga pendidikan, pemerintah, dan penyedia teknologi, inovasi ini dapat menjadi solusi efektif dalam pendidikan Islam berbasis digital.
References
Akram, Abdullah, Sufian Suri, Wakhdah Faaqih, Andri Nirvana An, and Universitas Muhamadiyah Surakarta. 2024. “Damage on Earth in the Qur ’ an : A Study of Thematic Interpretations in Anwar Al Tanzil ’ s Interpretation by Al Baidhawi.” AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies 7(2): 644–58. doi:10.31943/afkarjournal.v7i2.967.Abstract.
AN, Andri Nirwana, M.A. Said Mujahid, M.Hum., Sawaluddin Siregar, Dr. Aqdi Rofiq Asnawi Ismail Pane, S.Ud., M.Ag., Santi Marito M.A., Nindi Aliska Nasution, M.H., Andri Hasibuan, M.Ag., Abdul Rohman, M. Ag., H. Ahmad Farhan Nirwana AN, S.TH, M.Ag, Ph.D., Rizky SS., M.S.I., Khairul Fadli Simamora, M.Ag., and M. Th.I. Ahmadi Hasibuan, S.Fil.I, MIRKH., Muhammad ShulhiAl hadi Siregar, S. Ag, M.A., Misbahul Munir. 2023. “Metode Penelitian Tafsir” ed. Sawaluddin Siregar. Buginese Art: 254. doi:978-623-5913-09-4.
Andri Nirwana, A. N., Fahmi Arfan, Sayed Akhyar, and Syardan Jalil. 2019. “Pendampingan Anak Milenial Dalam Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Neuro Nadi Aceh.” Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu “ Inovasi Produk Penelitian Pengabdian Masyarakat & Tantangan Era Revolusi 4.0 Industri “ 2.
Andri Nirwana, A.N., Fahmi Dolles Marshal, Satrio Abdillah, and Abdul Sahib. 2024. “EKSISTENSI METODE JIBRIL DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN PELAFALAN HURUF AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-HIDAYAH JORONG PANINJAUAN.” Marsialapari: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2): 85–98.
Arena, Fabio, Mario Collotta, Giovanni Pau, and Francesco Termine. 2022. “An Overview of Augmented Reality.” Computers 11(2): 28.
Craig, Alan B. 2013. “Understanding Augmented Reality: Concepts and Applications.”
Fakhry, Jamal. 2010. “Sains Dan Teknologi Dalam Al-Qur’an Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 15(01): 121–42.
Greengard, Samuel. 2019. Virtual Reality. Mit Press.
Harahap, Yudhi Septian, Shynta Sri Wahyuni Ginting, and Nur Khafifah Indriyani. 2023. “Pendidikan Teknologi Dalam Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1): 1898–1906.
Lidianti, Deni, Pacu Putra, Nabila Rizky Oktadini, Allsela Meiriza, and Putri Eka Sevtiyuni. 2022. “Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah Dan Makhorijul Huruf.” TeIKa 12(02): 67–76.
Lutfiani, Ninda, Po Abas Sunarya, Shofiyul Millah, and Sheila Aulia Anjani. 2023. “Penerapan Gamifikasi Blockchain Dalam Pendidikan Ilearning.” Technomedia Journal 7(3 Februari): 399–407.
Mahmudulhassan, M, W Waston, and Andri Nirwana AN. 2023. “The Rights and Status of Widows in Islam: A Study from the Perspective of Multicultural Islamic Education in the Context of Bangladesh.” Multicultural Islamic Education Review 1(1): 01–14. doi:10.23917/mier.v1i1.2674.
Masood, Adlin, Nur Aqilah Hazirah Mohd Anim, and Anita Ismail. 2024. “Transforming Halal Training Through Gamification and Immersive Technology to Empower Talents.” The Journal of Muamalat and Islamic Finance Research: 70–81.
Nirwana AN, Andri, and Syardan Jalil. 2022. “QURANICPRENEUR: INNOVATION OF THE NEURO NADI METHOD TOWARDS LEARNING OF THE QUR’AN IN BANDA ACEH.” PROCEEDINGS: Dirundeng International Conference on Islamic Studies: 165–74. doi:10.47498/dicis.v1i1.1022.
Nirwana AN, Andri, Abd. Wahid, Bukhori Abdul Shomad, Sayed Akhyar, Hayati Hayati, Saifudin Saifudin, and Fauzan Nashrulloh. 2022. “Serving to Parents Perspective Azhar’s Quranic Interpretation.” Linguistics and Culture Review 6: 254–63. doi:10.21744/lingcure.v6nS5.2155.
Nirwana, Andri, Ainal Fitri, Rahmadon Rahmadon, Fahmi Arfan, Zahari Zahari, and Fitri Meliya Sari. 2019. “Sosialisasi Kemukjizatan Al Qur’an Terhadap Komunitas Pendengar Radio Baiturrahman Aceh Melalui Program Interaktif Al Qur’an Dan Sains.” PERDIKAN (Journal of Community Engagement) 1(2). doi:10.19105/pjce.v1i2.2863.
Nirwana, Andri, Syamsul Hidayat, Hayati Hayati, Furqan Furqan, Fahmi Arfan, and Susi Fitria. 2020. “SOSIALISASI DAN KONSOLIDASI PROGRAM REMAJA MASJID /REMAS TERHADAP TRANSFORMASI AKHLAK REMAJA.” MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(1). doi:10.32529/tano.v3i1.480.
Pradhana, Faisal Reza. 2023. “Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Tajwid Hukum Nun Sukun Dan Tanwin Menggunakan Metode MDA Framework.” IJITECH: Indonesian Journal of Information Technology 1(1): 20–28.
Premana, Agyztia. 2023. “Augmented Reality Based Tajwid Reading Law Android Application.” Brilliance: Research of Artificial Intelligence 3(2): 477–84.
Rahardja, Untung, Qurotul Aini, Hani Dewi Ariessanti, and Alfiah Khoirunisa. 2018. “Pengaruh Gamifikasi Pada Idu (Ilearning Education) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa.” NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications) 3(2): 120–24.
Ramadhan, Mochammad Rizal, Muhammad Iqbal Najib Fahmi, and Samudra Mutiara Hasanah. 2024. “Improving the Understanding of High School Students in Biology Based on Qur’anic through Augmented Reality Visualization.” In AIP Conference Proceedings, AIP Publishing.
Waston, Erham Budi Wiranto, Mudzakir Ali, Noor Achmad, Deddy Ramdhani, Muthoifin, and Andri Nirwana AN. 2024. “Islamophobia and Communism: Perpetual Prejudice in Contemporary Indonesia.” Revista de Gestão Social e Ambiental 18(2): e04875. doi:10.24857/rgsa.v18n2-075.
Wohlgenannt, Isabell, Alexander Simons, and Stefan Stieglitz. 2020. “Virtual Reality.” Business & Information Systems Engineering 62: 455–61.
Yusoff, Nabilah Fasihah Ahmad, Ummu Hani Abas, Mohammad Najib Jaffar, Ahmad Asyraf Mat Ali, Mohammad Lukman Al-Hakim Md Noor, Mohd Fadzil Abdul Hanid, and Norakyairee Mohd Raus. 2024. “Augmented Reality Technology For Arabic Vocabulary Learning As A Model Of Quran Reflection For Hearing Impairment Adults.” Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning 7(3).