Peningkatan Kesadaran Perencanaan Keuangan Pribadi Melalui Pelatihan Platform Digital Untuk Karyawan CV Kencana
DOI:
https://doi.org/10.56854/jphb.v3i1.281Keywords:
Rencana Keuangan, Finansial, Platform DigitalAbstract
Menyusun rencana keuangan pribadi merupakan langkah penting bagi setiap individu untuk mencapai tujuan finansial jangka panjang. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang menghadapi kesulitan dalam merancang rencana keuangan akibat kurangnya pemahaman atau kesibukan sehari-hari. Jangan khawatir, teknologi dapat menjadi solusi untuk masalah ini. Dengan memiliki rencana keuangan yang baik, seseorang dapat lebih mudah mencapai berbagai tujuan finansial, seperti membeli rumah, membiayai pendidikan anak, atau mempersiapkan dana pensiun. Selain itu, perencanaan keuangan yang matang membantu mengontrol pengeluaran dan menabung secara rutin. Penggunaan platform digital yang tepat dapat mempermudah pengelolaan keuangan pribadi dengan lebih efisien, menghemat waktu dan tenaga, serta memberikan informasi keuangan yang akurat dan terperinci. Selain itu, teknologi juga dapat meningkatkan kontrol atas pengeluaran, membantu membangun kebiasaan menabung, dan memungkinkan perencanaan keuangan jangka panjang yang lebih optimal. Oleh karena itu, memilih platform digital yang sesuai menjadi langkah penting dalam menyusun rencana keuangan yang efektif.
References
Andri Nirwana, Abdullah Mahmud, Zaduna Fiddarain, Ari Ismail, M. (2025). Sosialisasi Teknologi Pembelajaran Al-Qur’an Berbasis Gamifikasi, AR, dan VR di SMA ABBS Surakarta. Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 3(1), 383–387. https://doi.org/10.56854/jphb.v3i1.280
Dermawan, A., Vivi, A., Sinurat, Y., & Tarigan, H. S. (2025). Sosialisasi Peranan Hukum Dalam Meningkatkan Investasi Bagi Pemerintah Daerah. Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 3(1), 372–376. https://doi.org/10.56854/jphb.v3i1.278
Desriyati, W., & Azis, A. (2025). Peningkatan Manajemen Gudang dan Monitoring Permintaan Barang pada Komunitas Usaha Lokal melalui Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 3(1), 350–357. https://doi.org/10.56854/jphb.v3i1.274
Fajar, M., & Larasati, C. W. (2021). Peran Financial Technology (Fintech) dalam Perkembangan UMKM di Indonesia: Peluang dan Tantangan. Humanis (Humanities,Management and Science Proceedings), 1(2), 702–715. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/SNH
Jasri, Arfan, N., -, H., & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452
Kusumawati, D., Masse, F. A., & Grace, D. (2025). Peningkatan Literasi Digital Pemuda Karang Taruna Desa Boneoge Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 3(1), 377–382. https://doi.org/10.56854/jphb.v3i1.279
Mikrad, M., Budi, A., & Fitriana, A. I. (2022). Perkembangan Umkm Dengan Financial Technology Dan Digital Marketing Sebagai Variabel Prediktor. Digital Business Journal, 1(1), 14. https://doi.org/10.31000/digibis.v1i1.6599
Narastri, M. (2020). Financial Technology (Fintech) Di Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Islam. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 2(2), 155–170. https://doi.org/10.31538/iijse.v2i2.513
Nur, M. R. T., Fathoni, M. A., & Sari, L. P. (2021). The Impact of Awareness, Lifestyle and Halal Certification on The Buying Interests of MSME’s Halal Food Products in DKI Jakarta. El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business, 4(2), 156–189. https://doi.org/10.21154/elbarka.v4i2.3207
Nuraini, A., & Monoarfa dan Juliana, H. (2024). Perkembangan Studi Literasi Keuangan Syariah: Analisis Bibliometrik. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 12(1), 5–18.
Purwantini, A. H., & Amalia, R. D. (2021). Investigasi Niat Penggunaan Financial Technology Payment Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 19(1), 35. https://doi.org/10.19184/jauj.v19i1.24715
Rizal Sukma Aliyudin. (2020). Peran Financial Technology Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Di Indonesia. J-Aksi : Jurnal Akuntansi Dan Sistem Informasi, 1(1), 56–67. https://doi.org/10.31949/j-aksi.v1i1.175
Sabila, A. A. (2021). Pengaruh Fintech Terhadap Literasi Keuangan Pada Pelaku UMKM di Kecamatan Medan Denai [Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan]. In Skripsi. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16351
Setiawan, M., & Setyawati, C. Y. (2020). The Influence of Perceived Ease of Use on the Intention to Use Mobile Payment. Journal of Accounting and Strategic Finance, 3(1), 18–32. https://doi.org/10.33005/jasf.v3i1.67
Sholat, J., & Apriandani, B. (2025). Sosialisasi Hukum Pertanggungjawaban Pidana Atas Kepemilikan Narkotika. Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 3(1), 366–371. https://doi.org/10.56854/jphb.v3i1.277
Sudarsono, B. G., Bani, A. U., & Saputro, J. (2025). Meningkatkan Ketrampilan Digital Melalui Pelatihan Pembuatan Website Statis di SMA Muhammadiyah 14 Jakarta. Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 3(1), 358–365. https://doi.org/10.56854/jphb.v3i1.276
Sularsih, H. (2022). Transformasi digital dan financial technology terhadap peningkatan pendapatan umkm dimasa pandemi Covid-19 di Kabupaten Pasuruan. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(3), 2085–1960.
Widyastuti, H., Macenning, A. R. A. D., Dhumaranang, H., Rombebunga, M., & Simanullang, P. (2023). Business Model Canvas: Enterprise Risk Management Online Application Innovation. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(2), 230–241. https://doi.org/10.51212/jdp.v16i2.189