Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris pada Anak dengan Menggunakan Media Interaktif

Authors

  • Yenny Puspita Saragih SMP Negeri 2 Tanjung Morawa

DOI:

https://doi.org/10.56854/jphb.v1i2.79

Keywords:

Bahasa, Kosakata, Media Interaktif, Pelatihan, Siswa

Abstract

Pada umumnya siswa sekolah masih banyak yang belum bisa mengenal, memahami dan membedakan dari kosa kata dalam bahasa inggris. Untuk itu maka perlu dilakukan pelatihan kepada siswa dengan cara langsung di kelas dengan media yang lebih mendukung salah satunya dengan menggunakan media interaktif. Kegiatan pelatihan ini dilakukan di SMP Negeri 2 Tanjung Morawa, untuk mengatasi masalah dari siswa dalam mengenal, memahami dan membedakan kosa kata dalam bahasa inggris. Hal ini perlu dilakukan karena siswa di sekolah ini masih memerlukan pelatihan secara lebih terjadwal dan berkelanjutan dalam membentuk siswa yang mampu meningkatkan kapasitas dalam menggunakan bahasa asing sebagai bahasa yang harus dipelajari di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan dengan baik dan lancar. Penyampaian materi terdiri dari beberapa sesi yaitu, penjelasan, praktek  dan diskusi. Para peserta  sudah mampu memahami materi pelatihan ini berdasarkan hasil angka penilaian  dengan nilai rata-ratanya 57,5 dari hasil pretest dan nilai rata-ratanya 87,5 dari hasil posttest.

References

Siti Nurlaela Sari1, Chientya Annisa Rahman Putrie, PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS DI PAUD KENANGA. Research and Development Journal Of Education. Vol. 8, No. 1, April 2022, Pp : 166 – 171 p–ISSN 2406-9744. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11177 e–ISSN 2657-1056

Abdul Salam 1, Asri Widiatsih2, Makmuri3, Ahmad Jazuly, PEMANFAATAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PENGENALAN PERKEMBANGAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK B

Noni Marlianingsih, PENGENALAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL (ANIMASI) PADA PAUD Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 2 Juli 2016, hal 133-140

Nurlaila Husain, PENGENALAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK DENGAN

MENGGUNAKAN METODE INTERAKTIF

Ikmala Yunita Lestari, Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Media Kartu Gambar (Flash Card) , Pada Kelompok B di RA Barokah Klodran Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Downloads

Published

2023-06-09

Issue

Section

Articles