Meningkatkan Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Melalui Pendekatan Proses dan Relevansinya dengan Paradigma Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.56854/jspk.v1i3.100Keywords:
: Keterampilan Menulis, Pendekatan proses, Paradigma PendidikanAbstract
Abstract
This article discusses the theory of the process approach to be applied to learning to write scientific articles. The discussion will be presented in the from of data analysis, namely analyzing the theory of the process approach and its relevance to learning to write scientific articles using descriptive research methods. The results of this study indicate that today’s learning paradigm has begun to shif from the teacher center learning to the student center learning, so that the implementation of teaching needs to provide more experience for students. Therefore, this article will present a theoretical study in learning to write scientific articles using a process approach, as a reference for related parties. Thus, this discussion is expected to be one of the solutions for the development of the educational paradigm, as well as enriching the scientific treasures of Indonesian language learning, especially learning to write scientific articles.
Keywords: Writing Skills, Process Approach, Education Paradigm
Abstrak
Artikel ini membahas teori pendekatan proses untuk diterapkan pada pembelajaran menulis artikel ilmiah. Pembahasan akan disajikan dalam bentuk analisis data, yaitu menganalisis teori pendekatan proses dan relevansinya dengan pembelajaran menulis artikel ilmiah menggunakan metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dewasa ini paradigma pembelajaran mulai bergeser dari teacher center menuju ke arah student center, sehingga implementasi pengajaran perlu memberikan pengalaman lebih untuk peserta didik. Maka dari itu, artikel ini akan menyajikan kajian teoritis dalam pembelajaran menulis artikel ilmiah menggunakan pendekatan proses, sebagai rujukan untuk pihak-pihak yang memiliki keterikatan. Dengan demikian, pembahasan ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi atas berkembangnya paradigma pendidikan, serta memperkaya khazanah keilmuan pembelajaran bahasa indonesia khususnya pembelajaran menulis artikel ilmiah.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Pendekatan proses, Paradigma Pendidikan.