Penggunaan Teknologi Digital Dalam Meningkatkan keterampilan Literasi Informasi Siswa

Authors

  • Irma Sary SMA Negeri 3 Rantau Utara, Labuhan Batu
  • Zulfan Mazaimi SMA Negeri 3 Rantau Utara, Labuhan Batu

DOI:

https://doi.org/10.56854/tp.v2i2.227

Keywords:

Literasi, Siswa, Literasi Digital

Abstract

Teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Menghadapi era ini diperlukan literasi baru yang memanfaatkan digital untuk meningkatkan kemampuan literasi. Dengan memiliki literasi digital diharapkan siswa dapat lebih kritis, dan kreatif dalam memilih informasi. Pada dunia pendidikan, literasi digital berperan sebagai pengembang materi pelajaran yang mendorong rasa ingin tahu dan kreativitas yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penggunaan Teknologi Digital Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Informasi Siswa dan perbandingan efektivitasnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian deskriptif ini digunakan untuk memaparkan hasil secara sistematis mengenai kegiatan literasi yang saat ini digunakan Penggunaan Teknologi Digital Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Informasi Siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dalam pelaksanaan kegiatan literasi. Objek yang ditelitinya yaitu di SMPN 1 Lakbok. Teknik pengumpulan data yang mendukung dalam penelitian ini adalah teknik studi pustaka, wawancara, observasi, dokumenter. Pelaksanaan kegiatan literasi digital dilaksanakan pada hari Jumat sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Kegiatan tersebut melewati tiga tahap pelaksanaan antara lain: pembiasaan; pengembangan; dan pembelajaran. Adapun yang membedakan dari kegiatan literasi digital dengan literasi baca tulis yaitu sumber bacaan yang digunakan.

References

Acep Ruswan, Primanita Sholihah Rosmana, Annisa Nafira, Hanie Khaerunnisa, Ighna Zahra Habibina, Keysha Kholillah Alqindy, Khomsanuha Amanaturrizqi, Widia Syavaqilah. 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar.” Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia 8(1): 4007–16. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13009.

Agusta, Erna Sari, and M Pd. 2024. “PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL KEAGAMAAN DALAM MENUMBUHKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA SISWA.” 21(1): 1–9.

Bimbingan, Pengaruh, Belajar Orang, T U A Terhadap, Prestasi Belajar, Siswa Di, Sekolah Dasar, and Syifa Musfiyyah. 2022. “MUBTADI : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah © Mubtadi : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah.” 3(2): 157–71.

Dewi, Laura Etika, Rita Syofyan, Defriko Gusma Putra, Departemen Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, and Universitas Negeri. 2024. “Pengaruh Literasi Digital Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa.” 7(2): 288–98.

Gani, Abdul Rasyid Fakhrun, Ummi Zaimah, and Siti Retno Wulandari. 2020. “Informasi Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Selama Belajar Daring Efek Covid-19.” Bioilmi: Jurnal Pendidikan 6(2): 129–36.

Hoffman, D. W. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” 6(April 2022): 142–51.

Isnaini, Ruswi, Andriyanto Kurniawan, Veronika Unun Pratiwi, Ruswi Isnaini, Andriyanto Kurniawan, and Veronika Unun Pratiwi. 2024. “Perpustakaan Digital Meningkatkan Literasi Dongeng Pada Siswa Sekolah Dasar Digital Library Increases Fairy Tale Literacy in Elementary School Students.” 33(2): 525–36.

Konstitusi, Jurnal, putri surya, Liza Farihah dan Della Sri Wahyuni, Yuyut Chandra, Aidinil Zetra, Ria Ariany, Arif Setiawan, et al. 1967. “済無No Title No Title No Title.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 3(2): 1. https://www.neliti.com/id/publications/218225/kemajuan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-industri-media-di-indonesia%0Ahttp://leip.or.id/wp-content/uploads/2015/10/Della-Liza_Demokrasi-Deliberatif-dalam-Proses-Pembentukan-Undang-Undang-di-Indonesia.

Kurnianingsih, Indah, Nova Ekadiana, and Arieni Deliasari. 2017. “Prototipe Literasi Informasi Berbasis Web Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Man Insan Cendekia.” Edulib 7(1). doi:10.17509/edulib.v7i1.7542.

Kusumasari, Ervita Dwi, Program Pascasarjana, and Universitas Pgri Semarang. 2024. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka.” 3(1): 22–29.

Mahdi, Imam, Peran Literasi, Informasi Dalam, Meningkatkan Mutu, Pendidikan Islam, and Imam Mahdi. “AL-ABSHOR : Jurnal Pendidikan Agama Islam.” : 61–66.

Ningrum, Sarah Kartika, Juhana Sakmal, and Engga Dallion. 2020. “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Untuk Mengembangkan Budaya Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5): 3(2), 524–32. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.

Purba, Sukarman, Adietya Nugroho Putra, Hartati Christine Cahyani Ndruru, and Tia Enola Hutasoit. 2024. “Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa Di SMA Negeri 1 Sei Bamban.” 2: 326–30.

Purwanti, Kartika Yuni, Lisa Virdinarti Putra, Anni Malihatul Hawa, ( Kartika, and Yuni Purwanti. 2018. “LOGO Jurnal Literasi Informasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Pencarian Informasi Ilmiah Siswa SMA A R T I C L E I N F O.” International Journal of Community Service Learning 2(4): 237–41. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL.

Putri, M S. 2024. “Sosialisasi Pengembangan Kemampuan Literasi Digital Pada Siswa Sman 7 Bekasi.” Jurnal Pengabdian Masyarakat …. doi:0.59818/JPM.

R. Septianingsih, D. Safitri, S.Sujarwo. 2023. “Cendikia Pendidikan.” Cendekia Pendidikan 1(1): 1–13. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Sary, I., & Mazaimi, Z. . (2023). Penggunaan Teknologi Digital Dalam Meningkatkan keterampilan Literasi Informasi Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 120–123. https://doi.org/10.56854/tp.v2i2.227

Issue

Section

Articles