Analisis Pengaruh E-Learning Terhadap Penguasaan Materi Pelajaran Di Sekolah Menengah

Authors

  • Shabrina Rahmah Program Studi Teknik Informatika, Universitas Islam Riau, Riau

DOI:

https://doi.org/10.56854/tp.v2i2.228

Keywords:

Pengaruh E-Learning Terhadap Penguasaan Materi Pelajaran, Pembelajaran Digital, Pendidikan Sekolah Menengah

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan teknologi komunikasi telah membawa perubahan yang sangat signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satu inovasi yang muncul dan semakin populer adalah penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran disekolah. Maka dalam penelitian kali ini bertujuan untuk menganalisis bagaimanakah pengaruh e-learning terhadap penguasaan materi pelajaran di sekolah menengah. Selain itu metode penelitian yang digunakan dalam penelitian kali ini yaitu melalui pendekatan kuantitatif yang dilengkapi dengan teknik analisis statistik yang komprehensif. Dan  dalam penelitian kali ini melibatkan berbagai tahapan, mulai dari desain penelitian, pemilihan populasi dan sampel, pengembangan instrumen penelitian, hingga analisis data yang dikumpulkan. Maka berdasarkan hal itu hasil di dapatkan dalam penelitian kali ini ialah yang pertama yaitu penelitian kali ini menunjukkan bahwa penggunaan e-learning secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan penguasaan materi pelajaran di kalangan siswa sekolah menengah. Hasil yang kedua yaitu efektivitas e-learning tidak hanya tergantung pada teknologi yang digunakan tetapi juga pada desain konten yang disampaikan. Selain itu juga penggunaan media interaktif seperti video pembelajaran, dan forum diskusi online hal ini mendorong keterlibatan siswa dalam proses belajar, yang dimana pada akhirnya hal ini dapat meningkatkan penguasaan materi pelajaran. Hasil yang ketiga yaitu peran guru dalam konteks e-learning juga sangat krusial. Meskipun e-learning dapat meningkatkan aksesibilitas pembelajaran, interaksi langsung dengan guru tetap diperlukan untuk memberikan bimbingan dan umpan balik yang konstruktif kepada siswa dan Hasil yang terakhir yaitu dalam mendukung perkembangan sistem pendidikan yang adaptif terhadap perubahan teknologi. Maka implementasi e-learning tidak hanya sebagai alat tambahan tetapi juga sebagai pendekatan integral dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah menengah.

References

AJIATMOJO, A. S. (2021). Penggunaan E-Learning Pada Proses Pembelajaran Daring. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 229–235. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.525

Anggrellanggi, A., Mahardika Supratiwi, Munawir Yusuf, Subagya, & Tias Martika. (2020). Penguatan Aksesibilitas Model Blended Learning pada Matakuliah Bahasa Indonesia bagi Mahasiswa Tunarungu dan Tunanetra. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal, 1(1), 25–30. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no1.a2085

Asnurul Isroqmi. (2020). Pentingnya Penguasaan Beberapa Aplikasi Komputer Bagi Dosen Di Pembelajaran Daring Berbasis Moodle. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 62–71.

Hakim, A. R., Hairunisa, H., & Abd. Haris, A. H. (2021). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. Gravity Edu ( Jurnal Pendidikan Fisika ), 4(2), 10–13. https://doi.org/10.33627/ge.v4i2.650

Haryadi, R., Nuraini, H., & Kansaa, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. AtTàlim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 2548–4419.

Hasriadi, H. (2020). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 59–70. https://doi.org/10.24256/iqro.v3i1.1429

Heryanto, S. H., Aprianti, S., Pelani, R. R., & Irvani, A. I. (2023). Penggunaan E-learning Madrasah dalam Proses Pembelajaran Fisika di MAN 2 Garut. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 3(1), 172. https://doi.org/10.52434/jpif.v3i1.1962

Kisaran, R. (2022). JURNAL TEKNISI (Jurnal Teknologi Komputer dan Sistem Informasi). 2(2).

Muhammad Hanif Fahmi. (2020). Jurnal nomosleca. Jurnal Nomosleca, 6(April), 68–76.

Prestasi, E. T., & Siswa, B. (2021). Pi: Mathematics Education Journal Received: 16-11-2020. 4(1), 2–4.

Priadi, M. A., Riyanda, A. R., & Purwanti, D. (2021). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbasis E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(2), 1–13. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/959

Sati, S., Setiana, D., & Amelia, A. N. (2021). Implementasi Pembelajaran E-Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 51–57. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1899

Sudewa, K. A., Sugihartini, N., & Divayana, D. G. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Dengan Discovery Learning Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII Di SMP Lab Undiksha Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(1), 25. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.29407

Sugianto, H., Suyitno, A., & Asih, T. S. N. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Menggunakan E-learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis MTs. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 145. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.6264

Syifa, A. (2020). Evaluasi Penerapan E-Learning Melalui Model Cipp Di Program Studi Psikologi Islam Iain Pontianak. Jurnal As-Salam, 4(2), 180–194. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i2.210

Wijaya, R., Lukman, M., & Yadewani, D. (2020). Dampak Pandemi Covid19 Terhadap Pemanfaatan E Learning. Jurnal Dimensi, 9(2), 307–322. https://doi.org/10.33373/dms.v9i2.2543

Yuliana, Y., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Pemahaman Siklus Akuntansi, Computer Attitude, Intensitas Latihan Soal dan E-Learning terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 104–115. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p104-115

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Rahmah, S. (2023). Analisis Pengaruh E-Learning Terhadap Penguasaan Materi Pelajaran Di Sekolah Menengah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 124–133. https://doi.org/10.56854/tp.v2i2.228

Issue

Section

Articles