Pengembangan Model Pembelajaran Fliffed Classroom Berbasis Teknologi Disekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.56854/tp.v3i1.230Keywords:
Pembelajaran Flipped Classroom, Teknologi, SMAAbstract
Model pembelajaran yang disebut flipped learning menggabungkan pembelajaran online memiliki tujuan yang sama dengan pembelajaran tatap muka menyediakan bahan pelajaran, instruksi, dan tugas-tugas yang dapat dilakukan di kelas langsung. Pembelajaran langsung melibatkan diskusi tentang tugas, studi kasus, dan penyelesaian masalah, yang pada gilirannya memfasilitasi partisipasi siswa dan memberikan pengalaman belajar yang luas yang dikenal sebagai SCL adalah pembelajaran di pusat siswa. Karena siswa dapat mengakses pelajaran melalui fasilitas internet kapan saja dan di mana saja, model pembelajaran seperti ini akan menjadi lebih efektif. Pendidikan pada dasarnya tetap berbicara satu sama lain, tetapi Siswa dan pendidik berada di lokasi yang berbeda. Pembelajaran flipped berbeda dengan pembelajaran blended, yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan online. Blended learning dapat melibatkan pembelajaran tatap muka setiap hari, termasuk beberapa bagian pembelajaran e-learning, atau sebagian besar pembelajaran e-learning dilakukan setelah tatap muka.
References
S. G. Sari, Y. Rozimela, and Y. Yerizon, “Praktikalitas Pengembangan Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Media Interaktif pada Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, pp. 1020–1028, 2023, doi: 10.31004/cendekia.v7i2.2233.
M. N. Sari and P. E. A. Ningsih, “an Analysis of Students’ Motivation and Anxiety on Learning English At Sma Negeri 6 Kerinci,” Pendek. J. Pendidik. Berkarakter, vol. 5, no. 3, p. 181, 2022, doi: 10.31764/pendekar.v5i3.10994.
S. Wahyuni, “Upaya Konselor Dalam Membimbing Belajar Siswa Di Sd Inpres Tumbuh,” akultas Kegur. Dan Ilmu Pendidik. S1, no. 18093188206015, 2021.
S. Maryam et al., “Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Yang Inovatif, Adaptif, Dan Kolaboratif Innovative, Adaptive and Collaborative Teaching Module Development Training,” J. Empower., vol. 3, no. 1, pp. 82–92, 2022, [Online]. Available: https://meet.google.com/tuy-wfde-keo
I. P. Widyanto, “Pengembangan Flipped Classroom dengan Watching Questionning and Aswering Sebagai Model Pelaksanaan Pembelajaran Era Digital,” Toraks Cerrahisi Bul., vol. 9, no. 3, pp. 224–228, 2021.
R. A. Sumarni, Y. B. Bhakti, I. A. D. Astuti, D. Sulisworo, and M. Toifur, “Analisis Kebutuhan Guru Smp Mengenai Metode Pembelajaran Flipped Classroom,” ORBITA J. Kajian, Inov. dan Apl. Pendidik. Fis., vol. 6, no. 2, p. 236, 2020, doi: 10.31764/orbita.v6i2.3168.
M. Fauzan, H. Haryadi, and N. Haryati, “Penerapan Elaborasi Model Flipped Classroom dan Media Google classroom Sebagai Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia Abad 21,” DWIJA CENDEKIA J. Ris. Pedagog., vol. 5, no. 2, p. 361, 2021, doi: 10.20961/jdc.v5i2.55779.
F. M. Afiyan, “Pengembangan Pembelajaran Dengan Metode Flipped Classroom Berbasis Chamilo Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Tav …,” 2019, [Online]. Available: https://lib.unnes.ac.id/35586/
M. Ubaidillah, “Penerapan Flipped Classroom Berbasis Teknologi Informasi pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Chusnaniyah Surabaya,” Islam. J. Ilmu-Ilmu Keislam., vol. 19, no. 01, pp. 34–45, 2019, doi: 10.32939/islamika.v19i01.375.
R. Farida, A. Alba, R. Kurniawan, and Z. Zainuddin, “Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Taksonomi Bloom Pada Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia,” Kwangsan J. Teknol. Pendidik., vol. 7, no. 2, p. 104, 2019, doi: 10.31800/jtp.kw.v7n2.p104--122.
R. W. Azbawi, Skripsi Pemahaman Konsep Matematis AZBAWI (2023). 2023.
N. Hikmawati, M. I. Sufiyanto, and Jamilah, “Konsep dan Implementasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Manajemen Kurikulum SD/MI,” Abuya J. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 1–16, 2023, [Online]. Available: https://jurnalinkadha.org/index.php/abuya/article/view/278
T. Irhamsyah, “Kebijakan Umum Implementasi Merdeka Belajar,” J. At-Tabayyun, vol. 6, no. 2, pp. 70–81, 2023, doi: 10.62214/jat.v6i2.130.