Efektivitas Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.56854/tp.v3i1.231Keywords:
Pembelajaran Kolaboratis, Teknologi, SekolahAbstract
Efektivitas Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa merupakan tantangan yang harus diatasi untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Untuk mengatasi hal ini, telah dilakukannya dengan menerapkan strategi kolaboratif. Isu pokok yang diidentifikasi adalah rendahnya keterlibatan siswa dan kurangnya keterampilan kolaboratif dalam pembelajaran. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa, dan memperkuat pembelajaran kolaboratif berbasis teknologi . Metode yang digunakan adalah penerapan berbagai teknik kolaboratif seperti pembentukan kelompok kerja heterogen, penyusunan tugas kolaboratif, fasilitasi diskusi, monitoring dan bimbingan, serta evaluasi kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat membantu siswa belajar lebih baik, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran, dan memperkaya materi pembelajaran. Namun, teknologi juga memiliki kekurangan atau efek negatif, seperti ketergantungan yang berlebihan padanya dan kemungkinan gangguan konsentrasi. Oleh karena itu, penggunaan teknologi dalam pembelajaran harus dilakukan dengan pengelolaan yang tepat.
References
A. E. Sandong, F. N. Said, and I. Magdalena, “Analisis Kebutuhan Instruksional Dan Pengembangan Tujuan Instruksional Umum Dalam Konteks Peningkatan Efektivitas Pembelajaran,” Sindoro Cendekia Pendidik., vol. 1, no. 6, pp. 10–20, 2023, doi: 10.9644/scp.v1i1.332.
M. Nuswowati, N. Dina Amalina, S. Kadarwati, and E. Susilaningsih, “Pemanfaatan aplikasi Google dalam pembelajaran kolaboratif,” Rekayasa J. Penerapan Teknol. dan Pembelajaran, vol. 17, no. 1, pp. 30–34, 2019, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/rekayasa/article/view/21656
B. Tricahayu, M. Sari, A. R. P. Siregar, and N. A. Widyati, “Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 4, no. 1, pp. 3725–3731, 2024.
A. Zuhriyah, “Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Berpikir Matematika Siswa,” J. Ilmu Pendidik. STKIP Kusuma Negara, vol. 13, no. 2, pp. 100–108, 2022, doi: 10.37640/jip.v13i2.1016.
A. Rahmadani, F. K. S. Harahap, N. Ulkaira, Y. Azhari, and S. Hasibuan, “Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri 060822 Medan,” Pendek. J. Pendidik. Berkarakter, vol. 2, no. 1, pp. 54–71, 2024.
A. Z. Sarnoto, R. Hidayat, L. Hakim, K. Alhan, W. D. Sari, and I. Ika, “Analisis Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar,” J. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 82–92, 2023, doi: 10.31004/joe.v6i1.2915.
D. Salirawati, “Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah,” J. Sains dan Edukasi Sains, vol. 4, no. 1, pp. 17–27, 2021, doi: 10.24246/juses.v4i1p17-27.
A. Mahmudi, “Pembelajaran Kolaboratif [Collaborative learning],” Fmipa Uny, pp. 1–11, 2006, [Online]. Available: http://eprints.uny.ac.id/11996/1/PM - 57 Ali Mahmudi.pdf
A. W. Gunawan, “Adi w. Gunawan, Genius Learning Strategi, ( Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2006), h. 173 1 14,” pp. 14–34, 2006.
D. Apriono, “Pembelajaran Kolaboratif : Suatu Landasan untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan Kerjasama,” Diklus, vol. 17, no. 1, pp. 292–304, 2013, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/diklus/article/view/2897
Rikardo Dayanto Butar Butar et al., “Penerapan Strategi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Kelas 8 SMPS Betesda Batu Aji,” Devot. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 97–108, 2024, doi: 10.62282/devotion.v1i2.97-108.
M. Mahsus and E. Latipah, “Metodologi Eduinnova: Pembelajaran kolaboratif yang diintegrasikan dangan teknologi untuk meningkatkan keaktifan dan interaksi siswa dalam pembelajaran daring,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.21831/jitp.v8i2.38706.
T. Irhamsyah, “Kebijakan Umum Implementasi Merdeka Belajar,” J. At-Tabayyun, vol. 6, no. 2, pp. 70–81, 2023, doi: 10.62214/jat.v6i2.130.
A. Tunagrahita, D. Slb, N. Cendono, and K. Kudus, “Indonesian Journal for Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Anak Berkebutuhan Khusus,” vol. 3, no. 1, pp. 333–339, 2022.
M. N. Sari, Y. Setianti, K. Saleh, and D. H. Pitra, “Peran Artificial intelligence ( AI ) dalam Personalisasi Proses Pembelajaran Mahasiswa di Pendidikan Tinggi,” vol. 06, no. 04, pp. 20148–20157, 2024.
S. Suyuti, P. M. Ekasari Wahyuningrum, M. A. Jamil, M. L. Nawawi, D. Aditia, and N. G. Ayu Lia Rusmayani, “Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar,” J. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 1–11, 2023, doi: 10.31004/joe.v6i1.2908.
F. Damanaik, “Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Pendidikan Sosiologi Dan Antropologi Di Era Digital,” Pros. Ilmu Pendidik. Dan Kegur., vol. 1, no. November, pp. 1–18, 2023.
D. Damayanti and A. K. Nuzuli, “Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi Komunikasi Dalam Pengajaran Metode Pendidikan Tradisional Di Sekolah Dasar,” J. Sci. Res. Dev., vol. 5, no. 1, pp. 208–219, 2023, doi: 10.56670/jsrd.v5i1.130.