Penggunaan Teknologi Big Data Untuk Menganalisis Perilaku Belajar Siswa

Authors

  • Jeperson Hutahaean Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal
  • Sri Amelia Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal, Kisaran

DOI:

https://doi.org/10.56854/tp.v3i1.232

Keywords:

Penggunaan Teknologi Big Data, Analisis Perilaku Belajar Siswa, Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Abstract

Di era digital yang semakin berkembang pesat seperti saat ini, teknologi informasi memainkan peran yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk di bidang pendidikan. Salah satu teknologi yang berkembang dengan pesat dan memiliki potensi besar dalam dunia pendidikan adalah teknologi Big Data. Big Data mengacu pada kumpulan data yang sangat besar atau kompleks ataupun juga beragam, yang sulit untuk diolah menggunakan metode dan perangkat lunak tradisional. Selain itu penelitian kali ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan teknologi Big Data dalam menganalisis perilaku belajar siswa. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pola-pola belajar siswa, memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar, serta memberikan rekomendasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Dan Metode penelitian yang digunakan akan dirancang untuk mendapatkan wawasan yang mendalam dan berbasis bukti mengenai penggunaan teknologi Big Data dalam dunia pendidikan. Dalam metode penelitian kali ini akan diliputi beberapa langkah – langkah seperti desain penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, proses analisis data, serta langkah-langkah yang diambil untuk memastikan validitas dan reliabilitas. Dan juga interpretasi hasil penelitian. Maka berdasarkan hal tersebut pulah hasil yang didapatkan melalui penelitian kali meliputi beberapa temuan seperti temuan yang pertama yaitu teknologi Big Data memungkinkan identifikasi pola belajar yang individual dan beragam di antara para siswa. Hal ini dapat membantu para pendidik untuk menyesuaikan pendekatan pembelajaran secara lebih tepat sesuai dengan kebutuhan masing-masing para siswa. Selain itu dengan memahami preferensi belajar dan tantangan yang dihadapi oleh setiap siswa secara lebih baik maka proses pengajaran dapat dioptimalkan untuk meningkatkan penguasaan materi pembelajaran oleh para siswa. Temuan yang kedua yaitu analisis Big Data juga mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dari para siswa. Maka dengan memantau interaksi digital dan perilaku online siswa, kita dapat mengidentifikasi pola-pola yang menunjukkan tingkat motivasi yang berbeda-beda. Maka Secara keseluruhan, penelitian kali ini menunjukkan bahwa teknologi Big Data memiliki potensi yang sangat besar untuk mengubah paradigma pendidikan dengan memberikan informasi yang lebih dalam serta lebih akurat mengenai perilaku belajar siswa.

References

J. J. Siregar and R. Musawaris, “Pemanfaatan Big Data dalam Bidang Pendidikan,” J. Indones. Sos. Teknol., vol. 4, no. 02, pp. 274–285, 2023, [Online]. Available: https://jist.publikasiindonesia.id/index.php/jist/article/view/737

Y. Kusnadi and M. S. Putri, “Clustering Menggunakan Metode K-Means Untuk Menentukan Prioritas Penerima Bantuan Bedah Rumah (Studi Kasus : Desa Ciomas Bogor),” J. Teknol. Inform. dan Komput., vol. 7, no. 1, pp. 17–24, 2021, doi: 10.37012/jtik.v7i1.498.

J. Hutahaean, N. Mulyani, Z. Azhar, A. K. Nasution, and T. Z. A. Pane, “Pengenalan Komputer Pada Persiapan Pelaksanaan Anbk Di Sd Swasta Panti Budaya Kisaran,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 6, no. 3, p. 1722, 2022, doi: 10.31764/jmm.v6i3.7671.

M. G. Efgivia, “Pemanfaatan Big Data Dalam Penelitian Teknologi Pendidikan,” Educ. J. Teknol. Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 107–119, 2020, doi: 10.32832/educate.v5i2.3381.

S. Alawiyah, “Pembelajaran Online dan Hasil Menulis Karangan Argumentasi di Era Big Data,” Justek J. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 1, p. 32, 2020, doi: 10.31764/justek.v3i1.3697.

J. Hutahaean, Z. Azhar, and N. Mulyani, “Pelatihan Aplikasi Microsoft Powerpoint Bagi Guru Dan Staf Sd Negeri 010240 Pematang Cengkring Kecamatan Medang Deras,” Jurdimas (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat) R., vol. 3, no. 2, pp. 147–154, 2020, doi: 10.33330/jurdimas.v3i2.516.

J. Hutahaean, N. Mulyani, Z. Azhar, S. Informasi, and S. R. Kisaran, “MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE BAGI STAF DESA Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 , Desa adalah adalah untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan , kepentingan pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia . Pemerintahan Desa Republik Indonesia,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 5, no. 4, pp. 1–8, 2021.

M. T. Astuti and I. Komputer, “ANALISIS BIG DATA MENGGUNAKAN TEKNIK MACHINE,” vol. 1, no. 4, pp. 1–15, 2024.

Fauzi et al., “Evaluasi Penggunaan Teknologi Big Data Untuk Analisis Data Bisnis Dan Pengambilan Keputusan,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 7, no. 1, pp. 2962–2971, 2024.

S. Anastassia Amellia Kharis and A. Haqqi Anna Zili, “Learning Analytics dan Educational Data Mining pada Data Pendidikan,” J. Ris. Pembelajaran Mat. Sekol., vol. 6, pp. 12–20, 2022.

M. Nursalim, “Peluang Dan Tantangan Globalisasi Profesi Bimbingan Dan Konseling di Era Revolusi Industri 4.0,” Pros. Semin. Lokakarya Nas. Bimbing. dan Konseling, vol. 1, no. 2, pp. 31–40, 2020, [Online]. Available: http://e-jurnal.ikippgrismg.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan

L. Nurina, E. Sudarmanto, E. Susanto, R. Utami, and S. Ananda, “Integrasi Big Data dan Kecerdasan Buatan: Potensi dan Tantangan Menurut Tinjauan Literatur Sistematis,” Nusant. Comput. Des. Rev., vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2024, doi: 10.55732/ncdr.v2i1.1204.

I. Widiasanti, S. Zahra, A. N. Sholikha, and A. Waluny, “Pemanfaatan Big Data dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) selama Pandemi pada Daerah 3T ( Terdepan , Terpencil dan Tertinggal ),” vol. 6, pp. 398–410, 2023.

V. Ferdiansyah, M. Irwan, and P. Nasution, “Penerapan Teknologi Big Data Dalam Pengembangan Database Pendidikan,” J. Ris. Manaj., vol. 1, no. 3, pp. 22–29, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.54066/jurma.v1i3.591

A. Prabaswara and H. R. Ardiani, “Penerapan Sistem Personalized Learning Berbasis Big Data Secara Integratif Guna Mewujudkan Pendidikan Indonesia Yang …,” Journal.Ittelkom-Sby.Ac.Id, vol. 3, no. 5, pp. 235–252, 2021, [Online]. Available: https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/download/134/80

R. Siringoringo, “Peranan Filsafat Ilmu Komputer Dari Sisi Aksiologi Terhadap Perkembangan Big Data Analytics,” Researchgate.Net, no. December, 2023, doi: 10.13140/RG.2.2.29319.57767.

R. R. A. Aria, S. Susilowati, and I. R. Rahadjeng, “Data Mining Menentukan Cluster Penerima Program Bantuan dengan Metode K-Means,” Remik, vol. 7, no. 1, pp. 291–300, 2023, doi: 10.33395/remik.v7i1.12030.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Hutahaean, J., & Amelia, S. . (2024). Penggunaan Teknologi Big Data Untuk Menganalisis Perilaku Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 152–160. https://doi.org/10.56854/tp.v3i1.232

Issue

Section

Articles