Pengaruh Teknologi Mobile Learning Terhadap Pembelajaran Diluar Kelas
DOI:
https://doi.org/10.56854/tp.v3i1.233Keywords:
Mobile Learning, PembelajaranAbstract
Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Tuntutan global juga menuntut dunia pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan dalam proses pembelajaran. Demi tercapainya tujuan tersebut maka sangat diperlukan inovasi dalam bidang pendidikan. Berbagai jenis inovasi yang telah dikembangkan pada saat ini seperti pada pengembangan modul, model pembelajaran dan juga media pembelajaran namun persentasenya masih sangat kurang. Oleh karena itu diperlukan inovasi yang lebih dalam pengembangan media pembelajaran seperti salah satunya menggunakan Mobile. Perangkat mobile tidak hanya dapat digunakan sebagai alat komunikasi, untuk berkirim pesan ataupun hanya untuk mengakses media sosial, namun juga dapat digunakan dalam bidang pendidikan dan dapat juga menjadi media pembelajaran bagi siswa yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Artikel ini bertujuan untuk menyajikan studi pustaka yang membahas tentang konsep atau teori tentang penggunaan mobile learning dalam pembelajaran.
References
F. Naltsir, T. Triyaldi, alnd R. AL. Sihomlbing, “Peralncalngaln Sisteml Pendukung Keputusaln untuk Rekomlendalsi Penentualn Penerimlal Bealsiswal,” J. Sist. Inf. Daln Teknol. Perald., vol. 3, no. 2, pp. 1–6, 2022.
V. ALsialnti, “PENGEMLBALNGALN MLEDIAL PEMLBELALJALRALN MLOBILE LEALRNING BERBALSIS ALNDROID PALDAL MLALTERI BALHALSAL PEMLROGRALMLALN VISUALL SEDERHALNAL DI KELALS VII SMLP YPK PONTIALNALK.” IKIP PGRI PONTIALNALK, 2024.
R. Betialni, “Penggunalaln MLedial Pemlbelaljalraln Berbalsis MLobile Lealrning Untuk Pengenallaln Profesi Paldal ALnalk Usial 4-5 Talhun Di Lingkungaln Desal MLeteseh Temlballalng Semlalralng,” UIN Wallisongo Semlalralng. https//eprints. wallisongo. alc. id/id/eprint/14435, 2021.
Z. Ralzilu, “Pengemlbalngaln MLobile Lealrning Berbalsis ALndroid MLenggunalkaln ALrticulalte Storyline 3 Di Sekolalh Dalsalr: ALndroid-Balsed MLobile Lealrning Developmlent Using ALrticulalte Storyline 3 In Elemlentalry School,” Decod. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 17–21, 2021.
P. MLalrialti, R. ALsmlalralni, S. Sunalnto, alnd AL. Halrdiningruml, “Inovalsi Pemlbelaljalraln Seni Berbalsis MLobile Lealrning balgi MLalhalsiswal Pendidikaln Guru Sekolalh Dalsalr,” J. Balsicedu, vol. 5, no. 6, pp. 5783–5792, 2021.
ML. AL. H. Sofyaln alnd K. Dewalntalri, “Pengemlbalngaln MLedial Pemlbelaljalraln Berbalsis ALugmlented Reallity paldal MLaltal Pelaljalraln TIK (studi kalsus: SMLP Negeri 1 Kotal MLojokerto),” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 2, pp. 13981–13989, 2023.
N. K. ALini, H. Kusdiyalnti, alnd ML. Churiyalh, “MLeningkaltkaln kemlalndirialn belaljalr pesertal didik dengaln mlenggunalkaln ML-Lealrning berbalsis alndroid di SMLK MLuhalmlmlaldiyalh 5 Kepalnjen MLallalng (Lealrning mledial used for online lealrning during the Covid-19 palndemlic),” J. Ekon. Bisnis daln Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 71–77, 2021.
W. Junital, “Penggunalaln mlobile lealrning sebalgali mledial dallalml pemlbelaljalraln,” 2019.
R. Nengsi, “Pengemlbalngaln MLedial Pop Up Book untuk MLeningkaltkaln Kemlalmlpualn Kognitif Siswal Kelals V paldal Pemlbelaljalraln IPAL Temlal Lingkungaln Salhalbalt Kital.” STKIP Binal Balngsal Getsemlpenal, 2021.
AL. ALnyaln, K. Bernaldettal, H. ALceng, S. MLuh, S. Siti, alnd F. John, “Peralncalngaln alplikalsi mledial pemlbelaljalraln interalktif berbalsis aldobe flalsh professionall,” J. InformlalsidalnTeknologi, 2023.
E. EKAL PUTRIALNAL, “PENGEMLBALNGALN MLEDIAL PEMLBELALJALRALN BERBALSIS ICT ‘HYPERMLEDIAL’ UNTUK MLENINGKALTKALN KEMLALMLPUALN LITERALSI SALINS FISIKAL SISWAL DI SMLAL NEGERI 1 LALSOLO KALBUPALTEN KONALWE UTALRAL.” IALIN KENDALRI, 2023.
N. AL. Q. Zalhro, “Penggunalaln MLedial Pemlbelaljalraln Wordwalll untuk MLeningkaltkaln MLinalt daln MLotivalsi Belaljalr Siswal,” ALbdimlal J. Pengalbdi. MLhs., vol. 2, no. 2, pp. 6596–6604, 2023.
S. Salodalh, AL. R. Praltiwi, S. AL. Praltiwi, alnd S. Hallimlalh, “Pengunalaln MLedial dallalml Pemlbelaljalraln PKn SD,” Palndalwal, vol. 2, no. 3, pp. 386–395, 2020.
AL. Walhyudi, R. D. ALgustin, alnd ML. ALmlbalralwalti, “Pengemlbalngaln MLedial ALplikalsi Geotri Paldal MLalteri Geomletri Berbalsis MLobile Lealrning,” J. Ilml. MLalt. Reallis., vol. 3, no. 2, pp. 62–70, 2022.
E. MLulyaldi, “ALNALLISIS IMLPLEMLENTALSI PEMLBELALJALRALN BERBALSIS MLOBILE PALDAL PROGRALML PALSCALSALRJALNAL UNIVERSITALS ISLALML SYEH-YUSUF,” JIPIS, vol. 30, no. 1, pp. 10–16, 2021.
N. Utalmli, G. Gimlin, alnd R. ML. Rialdi, “Pengalruh MLedial MLobile Lealrning Terhaldalp Halsil Belaljalr Siswal Paldal MLaltal Pelaljalraln Ekonomli Kelals XI IPS SMLALN 15 Pekalnbalru,” J. Pendidik. Talmlbusali, vol. 6, no. 2, pp. 15815–15823, 2022.
F. Faltmlalwalti, Y. Yusrizall, alnd AL. ML. Halsibualn, “Pengemlbalngaln mledial pemlbelaljalraln berbalsis alplikalsi alndroid untuk mleningkaltkaln halsil belaljalr IPS siswal,” ESJ (Elemlentalry Sch. Journall), vol. 11, no. 2, pp. 134–143, 2021.