Jurnal Teknologi Pendidikan https://bangunharapanbangsa.id/ejurnal/index.php/TP <p><strong>Jurnal Teknologi Pendidikan </strong>adalah jurnal yang ditebitkan PT. Bangun Harapan Bangsa untuk memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian lapangan atau studi literatur dengan ruang lingkup teknologi pendidikan dengan kajian pengembangan kurikulum terutama disain, pengembangan, pemanfaatan berbagai sumber belajar, implementasi, dan penilaian program dan hasil belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan dengan nomor E-ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20221025290843934">2964-3767</a> dan SK: 005.29643767/K.4/SK.ISSN/2022.11. Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan dua kali dalam setahun, di bulan Juni dan bulan Desember. Jurnal ini diterbitkan oleh PT. Bangun Harapan Bangsa. Jurnal yang di-submit ke Jurnal Teknologi Pendidikan akan melalui proses Peer-Review. Jurnal yang diterima akan tersedia untuk di-download secara online. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Semua artikel akan memiliki nomor DOI.</p> en-US berdinatamassang@iakn-manado.ac.id (Berdinata Massang) jepersonhutahean@gmail.com (Jeperson Hutahayan, M. Kom) Wed, 21 Aug 2024 04:20:28 +0700 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengembangan Model Pembelajaran Fliffed Classroom Berbasis Teknologi Disekolah Menengah Atas https://bangunharapanbangsa.id/ejurnal/index.php/TP/article/view/230 <p>Model pembelajaran yang disebut flipped learning menggabungkan pembelajaran online memiliki tujuan yang sama dengan pembelajaran tatap muka menyediakan bahan pelajaran, instruksi, dan tugas-tugas yang dapat dilakukan di kelas langsung. Pembelajaran langsung melibatkan diskusi tentang tugas, studi kasus, dan penyelesaian masalah, yang pada gilirannya memfasilitasi partisipasi siswa dan memberikan pengalaman belajar yang luas yang dikenal sebagai SCL adalah pembelajaran di pusat siswa. Karena siswa dapat mengakses pelajaran melalui fasilitas internet kapan saja dan di mana saja, model pembelajaran seperti ini akan menjadi lebih efektif. Pendidikan pada dasarnya tetap berbicara satu sama lain, tetapi Siswa dan pendidik berada di lokasi yang berbeda. Pembelajaran flipped berbeda dengan pembelajaran blended, yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan online. Blended learning dapat melibatkan pembelajaran tatap muka setiap hari, termasuk beberapa bagian pembelajaran e-learning, atau sebagian besar pembelajaran e-learning dilakukan setelah tatap muka.</p> Shabrina Rahmah, Muhammad Farhan Hadi Copyright (c) 2024 Jurnal Teknologi Pendidikan https://bangunharapanbangsa.id/ejurnal/index.php/TP/article/view/230 Sun, 30 Jun 2024 00:00:00 +0700 Efektivitas Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa https://bangunharapanbangsa.id/ejurnal/index.php/TP/article/view/231 <p>Efektivitas Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa merupakan tantangan yang harus diatasi untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Untuk mengatasi hal ini, telah dilakukannya dengan menerapkan strategi kolaboratif. Isu pokok yang diidentifikasi adalah rendahnya keterlibatan siswa dan kurangnya keterampilan kolaboratif dalam pembelajaran. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa, dan memperkuat pembelajaran kolaboratif berbasis teknologi . Metode yang digunakan adalah penerapan berbagai teknik kolaboratif seperti pembentukan kelompok kerja heterogen, penyusunan tugas kolaboratif, fasilitasi diskusi, monitoring dan bimbingan, serta evaluasi kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat membantu siswa belajar lebih baik, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran, dan memperkaya materi pembelajaran. Namun, teknologi juga memiliki kekurangan atau efek negatif, seperti ketergantungan yang berlebihan padanya dan kemungkinan gangguan konsentrasi. Oleh karena itu, penggunaan teknologi dalam pembelajaran harus dilakukan dengan pengelolaan yang tepat.</p> Dina Yanti Situmorang Copyright (c) 2024 Jurnal Teknologi Pendidikan https://bangunharapanbangsa.id/ejurnal/index.php/TP/article/view/231 Sun, 30 Jun 2024 00:00:00 +0700 Penggunaan Teknologi Big Data Untuk Menganalisis Perilaku Belajar Siswa https://bangunharapanbangsa.id/ejurnal/index.php/TP/article/view/232 <p>Di era digital yang semakin berkembang pesat seperti saat ini, teknologi informasi memainkan peran yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk di bidang pendidikan. Salah satu teknologi yang berkembang dengan pesat dan memiliki potensi besar dalam dunia pendidikan adalah teknologi Big Data. Big Data mengacu pada kumpulan data yang sangat besar atau kompleks ataupun juga beragam, yang sulit untuk diolah menggunakan metode dan perangkat lunak tradisional. Selain itu penelitian kali ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan teknologi Big Data dalam menganalisis perilaku belajar siswa. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pola-pola belajar siswa, memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar, serta memberikan rekomendasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Dan Metode penelitian yang digunakan akan dirancang untuk mendapatkan wawasan yang mendalam dan berbasis bukti mengenai penggunaan teknologi Big Data dalam dunia pendidikan. Dalam metode penelitian kali ini akan diliputi beberapa langkah – langkah seperti desain penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, proses analisis data, serta langkah-langkah yang diambil untuk memastikan validitas dan reliabilitas. Dan juga interpretasi hasil penelitian. Maka berdasarkan hal tersebut pulah hasil yang didapatkan melalui penelitian kali meliputi beberapa temuan seperti temuan yang pertama yaitu teknologi Big Data memungkinkan identifikasi pola belajar yang individual dan beragam di antara para siswa. Hal ini dapat membantu para pendidik untuk menyesuaikan pendekatan pembelajaran secara lebih tepat sesuai dengan kebutuhan masing-masing para siswa. Selain itu dengan memahami preferensi belajar dan tantangan yang dihadapi oleh setiap siswa secara lebih baik maka proses pengajaran dapat dioptimalkan untuk meningkatkan penguasaan materi pembelajaran oleh para siswa. Temuan yang kedua yaitu analisis Big Data juga mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dari para siswa. Maka dengan memantau interaksi digital dan perilaku online siswa, kita dapat mengidentifikasi pola-pola yang menunjukkan tingkat motivasi yang berbeda-beda. Maka Secara keseluruhan, penelitian kali ini menunjukkan bahwa teknologi Big Data memiliki potensi yang sangat besar untuk mengubah paradigma pendidikan dengan memberikan informasi yang lebih dalam serta lebih akurat mengenai perilaku belajar siswa.</p> Jeperson Hutahaean, Sri Amelia Copyright (c) 2024 Jurnal Teknologi Pendidikan https://bangunharapanbangsa.id/ejurnal/index.php/TP/article/view/232 Sun, 30 Jun 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Teknologi Mobile Learning Terhadap Pembelajaran Diluar Kelas https://bangunharapanbangsa.id/ejurnal/index.php/TP/article/view/233 <p>Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Tuntutan global juga menuntut dunia pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan dalam proses pembelajaran. Demi tercapainya tujuan tersebut maka sangat diperlukan inovasi dalam bidang pendidikan. Berbagai jenis inovasi yang telah dikembangkan pada saat ini seperti pada pengembangan modul, model pembelajaran dan juga media pembelajaran namun persentasenya masih sangat kurang. Oleh karena itu diperlukan inovasi yang lebih dalam pengembangan media pembelajaran seperti salah satunya menggunakan Mobile. Perangkat mobile tidak hanya dapat digunakan sebagai alat komunikasi, untuk berkirim pesan ataupun hanya untuk mengakses media sosial, namun juga dapat digunakan dalam bidang pendidikan dan dapat juga menjadi media pembelajaran bagi siswa yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Artikel ini bertujuan untuk menyajikan studi pustaka yang membahas tentang konsep atau teori tentang penggunaan mobile learning dalam pembelajaran.</p> Abdul Karim Copyright (c) 2024 Jurnal Teknologi Pendidikan https://bangunharapanbangsa.id/ejurnal/index.php/TP/article/view/233 Sun, 30 Jun 2024 00:00:00 +0700 Penggunaan Podcast Sebagai Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi https://bangunharapanbangsa.id/ejurnal/index.php/TP/article/view/234 <p>Penelitian ini berupai mengeksplorasi manfaat dan pengembangani podcasti sebagai elemen pendukung pembelajarani digital dalam ranah edukasi. Podcast berpotensi menjadii sumberi pembelajaran inovatifi bagi tenaga pendidik serta memfasilitasi proses belajar peserta didik, baik di lingkungan kelas maupuni di luari kelas. Khususnya, mendukungi proses belajar jarakijauhi yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi. Riset terkait podcastingi di lingkungan perguruan tinggi masih terbatasi terutama di Indonesia. Oleh karena itu, pene1itian yang menerapkan metodologii deskriptifi ini berupaya berkontribusi pada pengembangan dan pemanfaatan podcast sebagai media pendidikan, dengan mendalami teknologi podcast, praktik terbaik podcast edukatif di perguruan tinggi, serta memahami adopsii teknologii podcasting melalui pendekatani teori difusi inovasi. Melalui pene1itian ini, diharapkani manajemen peguruan tinggi di Indonesia dapati mendorongi penggunaani podcast, kreasi konteni edukatif, dan menyediakani fasilitasi yangi diperlukani agar teknologii podcast dapat terwujud sebagai elemen pendukung penting dalam proses pembelajaran.</p> Satria Mahmud Hamdi Copyright (c) 2024 Jurnal Teknologi Pendidikan https://bangunharapanbangsa.id/ejurnal/index.php/TP/article/view/234 Sun, 30 Jun 2024 00:00:00 +0700